Sabtu, 29 Juni 2013

(JAVA Language) Class Color

Class Color digunakan untuk mendukung pemrograman warna pada objek-objek visual. Class ini menampung semua setting warna yang di support oleh sistem operasi. Warna yang di support oleh class Color adalah warna objek GUI dan warna objek geometri. Pengaturan warna tidak berlaku pada aplikasi dengan tampilan teks. 

Secara default warna setiap objek disimpan dalam format RGB (Red-Green-Blue). Selain mendukung konsep RGB, class Color juga mendukung data keempat untuk warna, yaitu nilai Alpha yang digunakan untuk menentukan transparency level dari suatu warna. Nilai untuk setiap parameter R-G-B dan A berada pada range 0...255. Nilai 0 untuk Alpha menyatakan bahwa warna yang digunakan sangat transparan, sedangkan nilai 255 pada Alpha menyatakan bahwa warna tersebut sangat jelas (solid).

Warna pada objek visual dibagi menjadi dua bagian:
  • Warna latar depan, yaitu warna dari bagian objek yang tampak sebagai informasi. Warna latar depan pada objek label adalah warna tulisan pada label tersebut. Perubahan warna latar depan dilakukan dengan menggunakan method setForeground(Color).
  • Warna latar belakang, yaitu warna dari persegi empat bentuk objek. Secara teknis setiap objek visual terbentuk dari geometri kotak, karena kotak adalah bentuk geometri yang paling mudah digunakan untuk memeriksa posisi mouse. Perubahan warna latar belakang dilakukan dengan menggunakan method setBackground(Color).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar