Sabtu, 29 Juni 2013

Sekilas Tentang Java

Java adalah teknologi dan bahasa pemrograman yang berjalan pada multiplatforms sesusi dengan semboyannya "Write Once, Run Anywhere". Pada situs java http://www.oracle.com/technetwork/java/index.html dijelaskan bahwa terdapat tiga pembagian paket Java, yaitu :
  • Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
  • Java 2 Standart Edition (J2SE)
  • Java 2 Micro Edition (J2ME)
Pembagian paket tersebut didasarkan pada hardware yang digunakan, disamping itu juga berdasarkan fungsi implementasinya.
  • Paket J2EE digunakan untuk pengembangan aplikasi berskala enterprise (multitier enterprise application), seperti server web/email dan berbagai aplikasi server lainnya sehingga paket ini membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi dan memori yang besar. J2EE berisi paket-paket di J2SE ditambah paket-paket untuk mendukung pengembangan Enterprise JavaBeans, Java Servlet, Java Server Page, XML, dan kendali transaksi yang fleksibel.
  • Paket J2SE digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis desktop, hardware yang dibutuhkan cukup dengan spesifikasi standar seperti PC, dan komputer setingkat lainnya. J2SE mendukung fitur konektivitas database, rancangan antarmuka pemakai, I/O, dan network programming. J2SE ini merupakan paket-paket dasar bahasa Java.
  • Paket J2ME digunakan untuk pengembangan aplikasi pada perangkat yang memiliki memory kecil seperti ponsel, pager, dan PDA. J2ME berisi subset dari paket-paket J2SE ditambah paket spesifik Micro Edition.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar