Sabtu, 29 Juni 2013

(JAVA Language) Class JFrame

Class JFrame merupakan turunan dan pengembangan dari class Frame. Secara teknis class JFrame berbeda dengan class Frame meskipun ada garis hirarki pada keduannya. Jika pada Frame kita bisa memasukkan sejumlah komponen secara langsung, maka pada JFrame kita harus memasukan komponen-komponen tersebut melalui sebuah kontainer dari JFrame. Ada sebuah kontainer yang dianggap sebagai satu-satunya penghuni didalam sebuah objek JFrame. Method getContentPane() digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kontainer ini.

Class JFrame akan menganggap bahwa hanya ada satu komponen yang bisa ditempelkan kedalamnya. Jika kita memasukkan sejumlah komponen ke dalam objek JFrame, maka komponen yang akan kita lihat adalah komponen yang terakhir kali dimasukkan. Komponen-komponen sebelumnyaakan tertimpa oleh komponen selanjutnya. Solusi yang bisa ditempuh adalah memasang komponen-komponen tersebut kedalam sebuah kontainer (Container, Panel, JPanel) lalu kontainer itulah yang dimasukkan kedalam objek JFrame.

Kondisi default yang terjadi ketika sebuat objek JFrame dibuat:
  • Objek frame tidak akan muncul dilayar sampai kita memberi perintah setVisible(true).
  • Objek frame tidak memiliki title atau judul. Title bisa diatur melalui method setTitle(String str).
  • Objek frame akan memunculkan tiga tombol kontrol pada tepi kanan atas, yaitu Minimize, Maximize, dan Close. Tombol Maximize bisa dinonaktifkan menggunakan method setResizable(false).
  • Lokasi frame adalah (0, 0) atau tepi kiri atas layar komputer. Posisi ini bisa dirubah menggunakan method setLocation(int x, int y).
  • Ukuran frame adalah ukuran terkecil yang disediakan oleh sistem operasi. Ukuran frame bisa diubah menggunakan method setSize(int width, int height).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar